Selasa, 05 April 2016

BIOGRAFI RINGKAS AL-HABIB MUHAMMAD RAFIQ AL-KAFF


Beliau Lahir pada tanggal 23 September 1974 di kota Palembang
Beliau adalah sulung dari 4 adik.3 laki-laki dan satu perempuan semuanya sekarang mengajar.
Ayahanda beliau adalah As-Sayyid Luqman Hurrie Al-Kaff Gathmyr dan Ibunda beliau adalah Syarifah Faridah binti Hood Al-kaff.Beliau lahir dari keluarga besar Al-Kaff Palembang.
Dari sebelah ayahanda beliau Al-Kaff gathmyr yg terkenal dengan keluarga Terpelajar,pejuang dan terpandang dikalangan tokoh Orde lama Indonesia dan dari sebelah Ibunda beliau adalah keluarga Al-Kaff 10 ilir Palembang yg dipenuhi oleh Ulama dan Wali Allah.
Dalam usia 7 tahun beliau masuk sekolah Ibtidaiyah “AL-ADABIYAH” di daerah sei.Bayas Palembang dikala itu Madarasah ini masih memakai bebrapa Kitab kuning sebagai mata pelajaran seperti “DURUSUL FIQHIYAH” dan “AL-AQA’IDUD DINIYAH” susunan Al-Habib Al-Qadhi Abdurrahman As-Segaff.
Dalam pendidikan masa Ibtidaiyah ini beliau berprestasi dalam berbagai bidang: Khat,mengarang, (kaligrafi yg kemudian berlanjut) puisi dan berbagai bidang lainnya, mewakili madrasah beliau dalam tingkat Kotamadya dan Propinsi.Selain itu juga beliau berprestasi dalam kelas.
Selain itu beliau juga beliau mengaji Al-Quran dengan bibi beliau sendiri Al-Hubabah Raquan Al-Khirid
Juga menghadiri pengajian Figih Al-‘Allamah Al-habib Muhammad Bsa (Alim Faqih dzurriyah pangeran Syarif Ali bin Syekh Abubakar ayahnda dari Al-Habib Hamid Nagib bsa-pimpinan Ponpes Al-Khairat Bekasi) di 10 ilir Palembang,tepat dibelakang rumah beliau dikala itu.Dan mengikuti pelajaran Sholat 5 waktu dengan Alllah Yarham Al-Ustadzah Maryam.
Dalam masa inilah sekitar tahun 1984-1985 beliau dikedepankan oleh beberapa pemuka masyarakat untuk ditampilkan berceramah dalam usia sekitar 10 tahun lebih,diberbagai kesempatan dan tempat di kota beliau Palembang. Beliau tampil lengkap dengan Gamis dan Imamah dikepala beliau.Yang dipasangkan pertama kalinya dikepala beliau dalam usia 10 tahun oleh Al-‘Allamah Al-Habib Muhammad bin Syekh Abu Bakar bin Salim.Ketika ditanyakan apa kesan beliauu dikala itu,beliau menceritakan bahwa pada waktu itu beliau dilarang memakai jubah,ketika beliau bertanya kenapa? Jawab Habib Muhammad (Habib Ak):”Itu hanya untuk orang Alim besar”
Dalam tahun 1987-1988
Beliau melanjutkan pendidikan Tsanawiyah dengan Beasiswa ke Pondok Pesantren “AR-RIYADH” 13 ulu Palembang yg dipimpin oleh Al-Ustaz Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Abdurrahman Al-Habsyi.
Pondok Pesantren ini didirikan oleh Al-‘Allamah Al-Habib Abdurrahman Al-Habsyi murid daripada Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi-Shohibul Maulid.
Dalam masa ini beliau belajar dibawah bimbingan Al-habib Umar Abdul Aziz bin Abdurrahman Syahab (sekarang pimpinan Rubath Al-Muhibbin Palembang) dan Al-Habib Nouval bin Abdullah Al-Kaff (sekarang pimpinan PonPes Darul Habib-Suka Bumi) dan Allah Yarham Al-Ustadz Abdul Karim (darul Ulum-Mekkah,beliau inilah yg mula pertama kalinya memotivasi beliau untuk mendalami 7 Qaedah Khat) juga dengan Al-Ustadz Abul Khair dan banyak ulama lainnya.
Pada tahun 1990-1995 beliau menamatkan pendidikan beliau di Ponpes “AR-RIYADH” ketika ini beliau melanjutkan mendalami Khat dan terlibat berbagai aktifitas Non akademik,beliau sempat pula menjadi penyiar Radio GARUDA di 8 ilir dan aktif mengajar di madarasah malam “BAITUL ULUM” dan mengikuti pengajian malam kitab AL-HIKAM di Majlis Awwabin pimpinan Al-Ustadz Rd.Ali Umar Thoyyib (alumni Darul Hadist Malang Jawa Timur) dan belajar kepada Al-habib Umar bin Ahmad Syahab (yg kelak akan menjadi Mursyid beliau) juga belajar dan mengambil Thariqah Al-Khalwatiyah dengan Al-‘Allamah KH.Bahri binFandaq-Tanjung Atap.
Setelah itu atas arahan Allah yarham Al-Ustadz Ali Umar Thoyyib yg disetujui oleh Guru Mursyid beliau Al-Habib Umar Bin Ahmad Syahab,beliaupun lalu melanjutkan pendidikan beliau ke Cimahi Bandung di pesantren DARUS SURUR-CIMAHI-LAGADAR BANDUNG-JAWA BARAT.Selama lebih dua tahun,dipesantren ini beliau mendalami Tafsir,Nahwu dan Tasawuf.
Setelah itu sekitar tahun 1994-1995 beliau ke Jakarta dan membuka MAJLIS TA’LIM AL-YUSRAIN-DICEMPAKA PUTIH-JAKARTA PUSAT.
Sayangnya beliau tak bisa lama aktif di Majlis karena Ibunda beliau Sakit,lalu majlis pun diserahkan kepada adik beliau Al-habib Ahmad kazim Al-Kaff untuk diteruskan,kemudian beliau pulang ke Palembang,merawat ibu beliau dan bertemu kembali dg guru beliau Al-Habib Umar bin Ahmad Syahab
Dalam masa ini beliau dan sahabat2 beliau membuat Maulid 40 malam yg pertama kali di Palembang dan pertama kalinya di Indonesia atas Isyarah Al-habib umar bin Ahmad Syahab,setelah guru beliau ini wafat di Mekkah waktu menunaikan Haji,beliau lalu menikah,tak lama kemudian Ibunda beliaupun wafat,lalu beliaupun berhijrah Kejakarta pada tahun 2000 tepat setelah banjir besar melanda Jakarta,dan melanjutkan Dakwah beliau,selain meneruskan Majlis Al-Yusrain beliau juga aktif menemani sahabat dan murid beliau Al-habib Hasan Bin Ja’far Assegaff membina Majlis Nurul Musthofa di Cilandak Jakarta Selatan dan juga sempat berdakwah bersama Allah yarham Al-Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa di Jakarta.
Beliau kemudian sendirian membuat Majlis Maulid 100 malam,hal ini sempat membuat Allah Yarham Al-Habib Anis Al-Habsyi (cucu shohibul Maulid Al-habsyi-Solo) kagum dan merestui beliau.
Pada masa ini juga beliau mendapatkan Tahqiq,Wasiah wal Ijazah dari Al-‘Allamah Al-Habib Abdullah bin Syahab dengan surat dan Mukasyafah dari Al-habib Abdullah bin Muhammad Syahab Qolbu Tarim.
(baca biografi murd beliau Al-habib Muhammad Syahab)
Pada masa inilah beliau tinggal di Ciputat dan membuat karangan yg menjadi rujukan orang banyak sampai sekarang,beberapa diantaranya:
Managib Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali Ba’alawi Ra
Managib Al-Imam Al-Fakhrul Wujud As-Syekh Abu Bakar bin Salim Ra (managib Fakhrul Wujud pertama dalam ediai bhs.Indonesia) dibagikan dan dijadikan buku panduan pada waktu Khol Syekh Abu bakar bin Salim di Cidodol yg dihadiri oleh Al-Habib Umar bin Hafidz BSA.
Managib Al-Imam As-Syekh Muhammad bin Ali maula Ad-Dawilaih dan anak beliau As-Syekh Abdurrahman As-Segaff Ra.
Juga: Kumpulan Sholawat para Wali (terjemahan Jami’us Sholawat-As-Syekh Yusuf bin Isma’il An-nabhaniy) dan beberapa buku lainnya.
Dalam masa ini beliau sempat menghilang lama,ber uzlah di pedalaman Kalimantan Selatan Di dusun Lumpangi Pengaron-Kalimantan Selatan,sampai sekarang Majlis Dalail Al-Khairat disana masih berlangsung hinga kini sebagai peninggalan dari beliau.Majlis Al-Yusrain kemudian diserahkan kepada murid beliau: Ad-Da’I Ilallah Al-habib Muhammad bin Alwi Syahab dan adik beliau Al-habib Ahmad kazim Al-Kaff membuat Majlis di Bandung : Sayyidul Wujud.
Setelah ber Uzlah beliaupun lalu mulai lagi aktif berdakwah sampai sekarang.Insya Allah..
Kita doakan Wabilahi waliyyut taufiq.


1 komentar:

  1. Shollu alan nabi....


    Semoga keberkahan selalu untuk para guru...

    BalasHapus